(Image credit: AMD)

AMD rilis APU terbaru Ryzen 4000 “Renoir”

Sementara tersedia untuk pasar OEM & SI

Kebersehasilan AMD memperbaiki posisi di pasar prosesor patut diacungi jempol. AMD tertinggal jauh sejak pesaing mereka Intel meluncurkan prosesor Intel Core i-series. Hampir tak ada produk AMD yang mampu bersaing head-to-head. Namun, kehadiran AMD Ryzen di tahun 2017 mulai membalikan keadaan.

AMD terus melakukan perbaikan dan peningkatan pada arsitektur Zen yang mereka gunakan pada prosesor Ryzen. Hingga beberapa waktu yang lalu, AMD akhirnya merilis prosesor baru untuk dekstop yang merupakan generasi ke empat dari Ryzen series. Versi pertama yang hadir adalah APU Ryzen 4000 dengan kode “Renoir”.

Seperti yang kita ketahui, produk prosesor AMD Ryzen kebanyakan memang meniadakan solusi graphic internal di dalamnya. Namun hal itu ditutupi dengan jumlah core yang jauh lebih banyak dibanding pesaing mereka dan juga harga yang lebih rasional. Hingga akhirnya di tahun 2018 mereka mulai memperkenalkan APU Ryzen dengan GPU RX Vega di dalamnya.

APU Ryzen 4000 series “Renoir” yang diperkenalkan ini hadir dengan varian yang jauh lebih luas. APU AMD ini sekarang tersedia di tiga kelas CPU, Ryzen 3, 5 dan juga 7. AMD juga memberikan pilihan 2 versi berbeda, Standart dan Pro. Perbedaan di antara keduanya adalah pada fitur keamanan yang jauh lebih tinggi pada versi Pro.

Peningkatan besar diberikan AMD pada APU ini. Semua berkat proses manufaktur 7nm baik pada CPU ataupun GPU-nya. Hal ini berakibat pada peningkatan performance per watt yang dihasilkan. Renoir juga akan menghadirkan perubahan desain dibanding Matisse, dari chiplet ke monolithic. GPU Vega yang digunakan juga disebut mengalami peningkatan sampai 59% dibandingkan generasi sebelumnya.

Sayangnya, APU terbaru ini sekarang hanya akan tersedia untuk segment OEM & SI. Tidak ada informasi terkait apakah APU ini akan tersedia secara retail dan kapan itu terjadi. Kita tunggu saja informasi terbaru dari AMD.

More Stories
pokemon sword and shield
Pokemon Sword and Shield merusak data di Micro SD