(Image credit: AMD)

AMD siap kapalkan iterasi terbaru produk mereka di tahun ini

Yakin tidak akan ada penundaan

AMD sepertinya akan semakin sibuk sampai akhir tahun nanti. Beragam produk baru siap mereka hadirkan pada tahun ini. Dalam laporan finansial Q2 2020, AMD mengalami lonjakan pemasukan. Mengingat masalah yang sedang terjadi pada pesaing mereka, Intel dan juga produk baru yang akan hadir, bisa dibilang AMD akan kembali meraih kesuksesan.

Dalam laporan itu juga AMD mengonfirmasi perihal pengapalan produk mereka. AMD merencanakan untuk mendistribusikan iterasi terbaru dari 4 jenis produk mereka di tahun ini. Produk tersebut adalah Zen 3 Ryzen 4000 dekstop CPU, RDNA 2 Radeon  GPU, CDNA datacenter GPU dan Zen 3 EPYC Milan. AMD memastikan bahwa tidak akan ada penundaan dalam hal pendistribusian. Tak hanya itu, chipset milik konsol next-gen juga dipastikan akan tetap sesuai rencana.

(Image credit: AMD)

Gelombang pertama AMD Ryzen 4000 sudah dimulai dengan perilisan APU Renoir. Meski untuk saat ini hanya akan tersedia untuk pasar OEM & SI. Untuk versi dekstop, CPU dengan code name Vermeer akan dilepas menjelang akhir tahun.

(Image credit: AMD)

GPU AMD Radeon dengan arsitektur RDNA 2 disebut akan menjadi standar baru untuk seluruh produk graphic card mereka. Tak hanya untuk kelas high-end, graphic card ini juga akan tersedia di kelas lainnya. GPU terbaru ini kemungkinan besar juga akan dirilis sebelum perilisan konsol next-gen untuk segmen enthusiast. Sedangkan untuk segmen mainstream akan dirilis setidaknya mendekati pertengahan 2021.

Siapkan produk baru untuk pasar server

(Image credit: AMD)

Untuk pasar datacenter dan server, AMD akan melepas EPYC Milan dan juga CDNA GPU. EPYC Milan setidaknya akan jadi fokus AMD di pasar ini hingga nantinya akan diperkenalkan EPYC Genoa Zen 4. Kemingkinan besar juga akan tersedia menjelang akhir tahun. EPYC akan meneruskan performa gemilang generasi sebelumnya yang begitu sukses. Memulai dari 0% pada 2017 hingga akhirnya menguasai 10% pasar datacenter.

(Image credit: AMD)

AMD CDNA, arsitektur baru untuk GPU datacenter yang baru diperkenalkan bulan Maret kemarin juga akan mendapatkan panggung perilisan tahun ini. Setelah tertinggal jauh dengan Nvidia di pasar ini, AMD sepertinya akan memperbaiki keadaan dengan GPU ini.

Kita tunggu bagaimana sepak terjang AMD sampai akhir tahun nanti. Akankah mereka dapat mengambil keuntungan dari penundaan dan masalah yang sedang terjadi dengan pesaing mereka.

More Stories
Microsoft resmi stop produksi Xbox One X dan Xbox One S