Audio PS 5 jauh berbeda dibanding generasi sebelumnya

Kabar mengenai konsol next-gen dari Sony kembali beredar. Kali ini mengenai peningkatan dari sisi audio PS 5 yang dikabarkan akan jauh berbeda dari pendahulunya. Mark Cerny selaku Lead System Architect dari konsol terbaru Sony ini mengatakan, konsol ini akan menampilkan performa tampilan 3D yang imersif dan juga audio 3D yang mengagumkan. Ia mengonfirmasi bahwa pengembangan Playstation terbaru ini memakan waktu 4 tahun, untuk menghasilkan konsol yang “baru”. Berdasar penuturan tersebut, bisa dikatakan bahwa PS 5 bukan peningkatan dari PS 4, tapi mesin yang benar-benar berbeda.

Untuk dapur pacu, konsol ini akan ditenagai chip terbaru dari AMD. AMD Ryzen generasi 3 berbasis arsitektur Zen 2 yang secara khusus dikembangkan untuk PS 5. GPU-nya sendiri juga akan menggunakan chip dari AMD dari varian Radeon Navi yang juga mendapat pengembangan khusus untuk keperluan konsol next-gen. GPU ini bisa mendukung fitur Ray-tracing yang dalam setahun terakhir menjadi senjata andalan pesaing mereka, Nvidia. Poin yang menjadi kelebihan konsol terbaru ini adalah peningkatan luar biasa pada sisi audio. AMD mengembangkan chip khusus yang mampu menghasilkan  keluaran suara yang luar biasa untuk setiap video game.

Cerny mengatakan di situs Wired bahwa, sebagai seorang gamer, tentu akan membuat frustasi karena tidak ada perubahan untuk audio antara Playstation 3 dan Playstation 4. Ia juga menambahkan bahwa dengan konsol terbaru, mimpi untuk menunjukkan betapa dramatisnya pengalaman audio bisa (dirasakan) ketika kami menggunakan sejumlah perangkat yang mampu menggerakkannya.

Tak hanya itu, Cerny juga meyakinkan bahwa konsol next-gen ini akan membuat gamer merasakan pengalaman lebih imersif dari game karena telinga akan mendengar suara dari atas, belakang dan juga samping. Suara yang benar-benar 3D, datang dari segala arah. Pengalaman audio PS 5 yang akan benar-benar berbeda dari seri pendahulunya.

Bagaimana menurut sobat satu stik semua?

 

Sumber : IB Times

More Stories
Halo Infinite mengalami penundaan rilis ke 2021