Blizzard akhirnya buka suara terkait pencoretan Blitzchung

Semua karena aturan

Pergerakan para fans dan pengguna sosial media yang membuat tagar #boycottbilzzard dan protes yang begitu banyak sepertinya membuahkan hasil. Setelah lama diam tak memberikan konfirmasi terkait pencoretan Blitchung, Blizzard akhirnya buka suara. Melalui pengumuman resmi di website Blizzard, mereka akhirnya memberi penjelasan terkait insiden tersebut. Untuk yang belum tahu kasusnya, Blizzard mencoret salah satu pemain Hearthstone Grandmasters, Blitzchung, terkait dukungan pada demonstrasi Hongkong.

Melalui pengumuman resmi tersebut, Blizzard tetap pada pendiriannya, menyatakan bahwa Blitzchung sudah melanggar aturan. Tetapi setelah mempertimbangkan beberapa hal, mereka merubah putusan terkait berat sanksi yang sudah dijatuhkan. Sebelumnya, Blitzchung diberikan sanksi berupa larangan berkompetisi selama satu tahun dan juga tidak menerima sedikitpun hadiah dari Hearthstone Grandmasters yang sedang berlangsung.

Putusan kemudian dirubah, Blitzchung akan tetap menerima hadiah atas capaiannya dan juga mengurangi durasi larangan berkompetisi selama 6 bulan. 2 orang caster yang menjadi host saat wawancara terjadi juga mendapat keringanan, dengan larangan terlibat di kompetisi selama 6 bulan. Hukuman ini tentu tidak dapat menutupi kekesalan dan protes yang masih terus mengalir terhadap Blizzard. Tapi, setidaknya Blitzchung tetap mendapatkan haknya dalam kompetisi kali ini.

Blizzard juga memberikan tanggapan terkait tudingan bahwa keputusan pencoretan Blitzchung karena pengaruh hubungan mereka dengan pasar China. Seperti yang diketahui semua orang, sebagian kecil (sebesar 5%) saham dari Activision Blizzard dimiliki oleh perusahaan asal China, Tencent. Presiden dari Blizzard Entertainment, J. Allen Brack, membantah semua tudingan tersebut. Ia memastikan bahwa keputusan yang sudah dikeluarkan tidak dipengaruhi sedikitpun oleh hubungan mereka dengan pasar gaming di China. Pencoretan Blitzchung murni untuk menjaga aturan dan  kompetisi tetap berada di jalur yang seharusnya. Jika nantinya terjadi hal yang sebaliknya, ada yang menyatakan dukungan pada Hongkong, Blizzard akan menjatuhkan sanksi serupa.

Patut ditunggu seperti apa nantinya reaksi dari para fans dan public terkait pernyataan ini. Apakah gelombang protes dan boikot akan mereda? atau mungkin akan tetap bergejolak.

Sumber: Blizzard

More Stories
Spesifikasi PC untuk Control