Metacritic tunda pemberian user score selama 36 jam

Untuk menghindari review bombing

Salah satu hal yang dipertimbangkan orang-orang dalam membeli sebuah game adalah hasil review. Entah itu hasil review dari media, jurnalis game bahkan pemain lain sekalipun. Salah satu website yang menyediakan hasil penilaian dari berbagai “sumber terpercaya” adalah metacritic. Metacritic menyediakan hasil review dari berbagai film, acara, musik, buku dan game.

Tak hanya berfungsi sebagai agregator hasil review dari sumber yang “legit”, Metacritic juga menerima hasil review dari pengguna biasa. Sialnya, beberapa kali hasil penilaian user review ini memberikan hasil yang tidak bisa dipegang. Para pengguna terkadang memberikan nilai rendah sebagai bentuk protes pada sebuah game. Hal ini sering disebut dengan nama review bombing.

Salah satu kasus terbaru, game The Last of Us 2 yang mendapatkan user score sangat rendah. Hal ini dipengaruhi protes sebagian gamer yang tidak terima dengan jalan ceritanya. Mereka kecewa dengan keputusan Naughty Dog mematikan karakter favorit mereka, Joe Miller. TLOU 2 bahkan sampai mendapat user score 3.4. Sebuah angka yang sangat kecil jika dibandingkan nama The Last of Us itu sendiri.

Tak hanya mendapatkan skor rendah, salah satu pengisi suara TLOU 2 pun tak luput dari masalah. Beberapa orang memberikan ancaman pada Laura Bailey, sang pengisi suara Abby. Naughty Dog bahkan sampai memberikan pernyataan tegas terkait masalah tersebut.

Untuk menghindari terjadinya review bombing di judul-judul game lainnya. Metacritic memberlakukan aturan baru dalam pemberian review sebuah game. Pengguna baru bisa memberikan penilaian 36 jam setelah dirilis. Bahkan, mereka mengingatkan pengguna dengan kalimat “Please spend some time playing the game” pada halaman game. Hal ini untuk menghindari pemberian nilai terlalu dini oelh orang-orang usil.

Bagaimana menurut kalian? Apakah hasil review jadi salah satu alasan untuk mencoba sebuah game baru?

More Stories
(Rumor) Trailer terbaru Resident Evil Village hadir Agustus