Microsoft resmi stop produksi Xbox One X dan Xbox One S

Fokus pada Xbox Series X dan layanan berlangganan mereka

Mendekati rilisnya konsol next-gen menjelang akhir tahun nanti, Microsoft mengambil keputusan penting. Mereka akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi dua konsol generasi saat ini, Xbox One X dan Xbox One S All-Digital.

Kedua konsol tersebut merupakan versi terakhir dari konsol Xbox One. Konsol yang sudah mengalami upgrade secara hardware. Xbox One X hadir di tahun 2017. Xbox One pertama yang memiliki dukungan 4K native. Versi terkuat dari varian konsol Xbox One. Sedangkan Xbox One S All-Digital adalah versi tanpa disc tray dari konsol ini. Dihadirkan di tahun 2019 hanya untuk pengguna yang membeli game secara digital.

Kedua konsol tersebut nantinya akan digantikan konsol terbaru. Untuk Xbox One X, nantinya akan diganti Xbox Series X. Sedangkan Xbox One S All-Digital kemungkinan akan digantikan oleh Xbox Series X Lockhart yang sampai saat ini masih belum diperkenalkan. Konsol next-gen ini merupakan versi dengan spesifikasi hardware sedikit rendah dan juga tanpa disc tray.

Xbox juga mulai memfokuskan pekerjaan mereka untuk meningkatkan layanan berlangganan milik mereka, Xbox Game Pass. Tak hanya itu, mereka juga mulai membangun layanan game streaming bernama xCloud. Menariknya, Microsoft akan menawarkan xCloud sebagai fitur gratis di Xbox Game Pass. Sebuah penawaran yang cukup menggiurkan.

Microsoft sendiri akan mengadakan event game showcase tanggal 23 juli nanti. Dalam acara streaming ini nantinya akan hadir game-game yang dikembangkan oleh studio-studio first party mereka. Setelahnya, kita bisa mendapatkan gambaran mengenai apa yang Xbox coba tawarkan sebagai keunggulan konsol next-gen mereka.

Selamat tinggal Xbox One. Selamat datang Xbox Series X.

More Stories
AMD siap kapalkan iterasi terbaru produk mereka di tahun ini