Image credit: Nvidia

Nvidia Akhirnya perkenalkan GeForce RTX 30 series

Hadirkan performa menakjubkan hingga 8K

Setelah sekian banyak bocoran yang beredar, Nvidia secara resmi memperkenalkan GeForce RTX 30 series. Hadir sebagai generasi kedua dari seri RTX dengan sejumlah peningkatan yang cukup besar. Melalui event yang berlangsung kemarin malam, Nvidia memperkenalkan graphic card ini dan beberapa detilnya.

Dalam event tersebut, Nvidia memperkenal 3 buah graphic card, GeForce RTX 3090, RTX 3080 dan RTX 3070. RTX 3090 akan menggantikan posisi RTX 2080 Ti sebagai GPU flagship Nvidia, setidaknya sampai Nvidia memutuskan merilis versi super ataupun Ti. Jika dilihat dari sisi performa, seri RTX 3070 sudah mengungguli RTX 2080 Ti dengan harga yang jauh lebih bersahabat.

Desain unik dengan heatsink super besar

Nvidia memperlihatkan desain resmi dari seri Founders Edition RTX 30 series ini. Desain yang mereka hadirnya terlihat unik sama seperti halnya bocoran pertama yang ada beberapa waktu yang lalu. PCB yang dipergunakan memiliki ukuran yang lebih pendek dan desain yang tidak biasa. Dengan ukuran PCB yang jauh kecil ini, NVLink dan juga power connector juga ikut mengecil, namun Nvidia akan menyediakan sebuah adaptor agar tetap kompatibel dengan konektor PSU pada umumnya. PCB GPU ini dipotong dengan pola berbentuk huruf “V” yang memungkinan mereka untuk memasang sebuah kipas berukuran standar (sekitar 9 atau 10cm) pada bagian belakang.

Image credit: Nvidia

Penempatan dua buah kipas dengan posisi berbeda juga jadi senjata Nvidia untuk mengatasi masalah panas yang akan dihasilkan oleh GPU ini. Satu buah kipas berada di atas heatsink yang menempel pada GPU untuk dialirkan keluar melalui bagian bawah I/O port. Kipas kedua berada pada bagian backplate yang menarik udara dari bawah dan mengalirkannya ke atas untuk kemudian dibuang oleh kipas exhaust dari casing. Sebuah desain yang tidak biasa untuk sebuah graphic card.

Image credit: Nvidia

Ukuran dari RTX 3090 Founders edition sendiri akhirnya terjawab. Graphic card ini memang memiliki ukuran yang sangat bongsor seperti dilaporkan pada bocoran yang ada sebelum event Nvidia ini. Memakan ruang hingga 3 slot pada bagian I/O portnya. Hal ini tentu dikarenakan ukuran masif dari heatsink-nya untuk mengantisipasi panas berlebih saat full load dari GPU kelas tertinggi ini.

Peningkatan dan fitur terbaru

GeForce RTX 30 series dengan GPU Ampere ini tentu menghadirkan sejumlah peningkatan dan fitur baru di dalamnya. Apalagi rilisnya GPU terbaru ini menandai dekade baru perjalanan Nvidia GeForce yang sudah lebih dari 2 dekade.

Streaming Multiprocessors (SMs) dari Nvidia Ampere ini menghadirkan performa yang jauh lebih unggul dari pendahulunya, Nvidia Turing. Menawarkan performa 2 kali lipat pada pengujian FP32. Performa per watt yang ditawarkan tentu juga jauh lebih baik. Hal ini juga didukung dengan dukungan PCIE 4.0 dan 18-phase power supply.

Image credit: Nvidia

Kehadiran GPU ini juga menandai hadirnya generasi kedua dari RT Core milik Nvidia. Teknologi yang pertama kali hadir dalam game pada graphic card RTX 20 ini juga mengalami peningkatan sampai dengan 2 kali lipat. Pun juga pada Tensor Core yang menjadi otak dari Nvidia DLSS. Pada generasi terbaru ini, DLSS Ultra Performance mode dapat diaktifkan untuk berjalan pada resolusi 8K pada GeForce RTX 3090.

RTX 3090 dan RTX 3080 jadi debut perdana dari memory terbaru yang diproduksi oleh Micron, GDDR6X. Menggunakan teknologi PAM4 yang melipatgandakan kecepatan transfer data per clock-nya. Hal ini tentu sangat membantu, apalagi game dan keperluan multimedia lainnya saat ini memerlukan proses data yang sangat besar.

HDMI 2.1 mendapatkan dukungan pada graphic card ini, hal ini menjadikan RTX 30 series sebagai graphic card pertama yang mendukungnya. Dengan begitu, monitor atapun TV dengan resolusi 4K dan juga 8K dapat berjalan dengan refresh rate yang lebih baik. Nvidia juga memberikan dukungan pada video codec terbaru, AV1, yang mampu menurunkan bandwidth streaming video dengan resolusi tinggi sampai dengan 50% jika dibandingkan codec H.264. Dengan begitu, streaming dengan resolusi 4K dan 8K akan jadi lebih memungkinkan.

Satu teknologi terbaru dihadirkan Nvidia pada RTX 30, Nvidia Reflex. Sebuah teknologi pendukung yang memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan latensi sistem mereka. Khususnya untuk skema esports kempetitif yang sangat memperhitungkan latensi sebagai salah satu faktor penting.

Peningkatan performa pada RTX 30 series

Dalam game yang menggunakan ray tracing di dalamnya, performa yang ditawarkan graphic card terbaru ini mencapai 2 kali lipat dibanding seri pendahulunya. Sedangkan pada game yang tidak menggunakan ray tracing, kita akan mendapatkan performa maksimal pada resolusi, frame rate dan juga gameplay. RTX 30 dijanjikan memberikan pengalaman terbaik untuk para pemain kompetitif dan graphic fidelity terbaik untuk gamer yang menginginkan kualitas grafis menawan.

Image credit: Nvidia

Beberapa game yang mendapatkan dukungan penuh dengan teknologi terbaru RTX 30 ini adalah Fortnite, Cyberpunk 2077, Call of Duty: Balck Ops Cold War, Call of Duty: Modern Warfare dan Warzone, Apex Legends, Watch Dogs: Legion, Valorant, Minecraft with RTX Beta for Windows 10.

Satu hal yang menarik adalah hadirnya Nvidia DLSS Ultra Performance mode untuk resolusi 8K. Dengan fitur ini, kita akan mendapatkan peningkatan frame rates tanpa harus mengorbankan kualitas grafis pada game yang mendukung 8K.

Tersedia bundle penjualan khusus

Nvidia memberikan bonus khusus untuk pembelian GeForce RTX 30 series. Paket penjualan ini dengan bonus ini akan mulai berlaku sejak produk RTX tersedia di pasaran. Pembeli akan mendapatkan bonus berupa game Watch Dogs: Legion (digital download) dan juga berlangganan secara gratis selama satu tahun pada layanan GeForce NOW. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi halaman bundle penjualan RTX 30 series ini.

Harga, spesifikasi dan tanggal rilis

Nvidia GeForce RTX 3090 akan hadir pada harga $1.499. Sedangkan RTX 3080 berada pada harga $699 dan RTX 3070 di harga $499. Harga tersebut berlaku pada seri Founders Edition yang dapat dibeli secara langsung melalui Nvidia. Untuk harga versi non-reference dari manufaktur lainnya, silakan kalian cek di website resmi masing-masing.

Image credit: Nvidia
Image credit: Nvidia
Image credit: Nvidia

Nvidia GeForce RTX 3090 akan hadir dengan 10.496 CUDA core, 24 GB GDDR6X VRAM, Memory Bus 384-bit dan TDP 350 watt. GeForce RTX 3080 hadir dengan 8.704 CUDA Core, 10 GB GDDR6X VRAM, Memory Bus 320-bit dan TDP 320 watt. Sedangkan RTX 3070 hadir dengan 5.888 CUDA Core, 8 GB GDDR6, Memory Bus 256-bit dan TDP 220 watt. Jumlah CUDA core yang dihadirkan pada GPU ini memang sangat besar jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

GeForce RTX 3080 akan jadi graphic card pertama yang akan hadir. Dirilis ke pasaran mulai tanggal 17 September nanti. RTX 3090 akan menyusul satu minggu kemudian, atau tepatnya tanggal 24 September. Sedangkan RTX 3070 direncanakan hadir pada bulan Oktober dengan tanggal rils yang belum diumumkan.

More Stories
Biomutant tidak akan memuat microtransaction