(Rumor) Nvidia GeForce RTX 30 series segera diperkenalkan

Dirumorkan hadir antara Agustus dan September

Rumor mengenai GPU terbaru Nvidia terus berhembus kencang. Berbagai bocoran gambar dan juga keputusan terkait graphic card lama beredar di berbagai forum dan media sosial. Meski begitu, sampai saat ini Nvidia masih tidak memberikan konfirmasi apapun. Tak banyak informasi resmi yang mereka berikan terkait perkembangan Nvidia Ampere ini.

Baru-baru ini kembali beredar rumor lainnya. Dikatakan versi Founders Edition dari RTX 30 ini akan hadir di bulan agustus. Sama seperti seri 20, kemungkinan dua varian pertama yang diperkenalkan adalah RTX 3080 dan juga RTX 3080 Ti. Untuk versi pabrikan lain akan hadir beberapa minggu setelahnya atau sekitar bulan September 2020.

RTX 30 series disebut-sebut akan menghadirkan varian terbaru sebagai flagship, RTX 3090. Di seri ini juga, Nvidia akan menghadirkan desain PCB yang unik. PCB akan dibentuk dengan pola “V” tidak seperti kebanyakan PCB lain. Dalam bocoran gambar yang beredar, graphic card yang kemungkinan merupakan prototype ini menggunakan desain 2 kipas yang unik. Satu kipas akan diletakkan di atas mengarah die GPU. Sedangkan yang satunya dibagian bawah untuk membantu sirkulasi udara di heatsink.

Satu hal yang cukup membuat penasaran adalah harga dari graphic card ini. Apakah Nvidia akan kembali memberlakukan kenaikan drastis harga seperti seri RTX 20. Perpindahan dari seri 10 ke seri 20 melibatkan banyak teknologi baru. Sedangkan pada seri 20 ke seri 30 sepertinya tidak akan sebanyak itu. Jadi sangat mungkin harganya tidak akan jauh berbeda. Meski masih ada kemungkinan kenaikan harga di pengumumannya nanti. Kita tunggu saja berita resmi dari Nvidia terkait hal ini.

More Stories
AMD Threadripper generasi ketiga hadir di november 2019