Review Mad Max : Kecantikan dalam padang tandus

Hadirkan atmosfir yang menarik

Mad Max adalah sebuah gim action open world yang dirilis oleh Avalanche Games pada tahun 2015. Avalance Games sendiri merupakan studio di balik nama besar gim open world penuh aksi dan ledakan, Just Cause. Walaupun gim ini rilis di tahun yang sama dengan film layar lebar Mad Max: Fury Road, gim ini tidak tie-in dengan filmnya, gim ini punya ceritanya sendiri.

Apa yang dihadirkan gim ini berada di luar ekspetasi kami saat pertama mencoba. Kami bertanya-tanya apakah ada hal menarik yang dapat ditawarkan oleh sebuah gim yang hanya diisi oleh padang tandus yang panas? Tanpa banyak janji, Avalanche berhasil membuktikan kami salah. Mad Max ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata.

Mengapa kami mengatakan demikian? Pengalaman menarik apa yang mampu ditawarkan oleh padang pasir ini? Mari ikuti kami.

Apa hal menarik yang ditawarkan oleh padang pasir luas ini?

PLOT MAD MAX

Untuk anda yang sudah menonton film Mad Max, baik versi originalnya di akhir tahun 70an maupun Fury Road yang dirilis di tahun yang sama dengan gim ini. Mungkin sudah punya sedikit gambaran mengenai cerita yang ditawarkan gim ini. Ya, Mad Max menceritakan tentang Max yang mengembara seorang diri di padang tandus bernama The Wasteland. Sebuah dunia post-apocalyptic di mana kejadian selepas perang nuklir membuat seluruh dunia menjadi tandus. Tempat yang dulunya lautan sekarang menjadi padang pasir. Bangkai kapal berserakan di mana-mana, menjadi tempat berlindung dari panas matahari.

Tentu saja tanpa menonton filmnya anda juga dapat mengerti cerita dari gim ini. Meskipun begitu, kami cukup merekomendasikan untuk menonton filmnya. Karena film yang mendapat titel sebagai film action terbaik tahun 2015 ini dapat membantu anda untuk sedikit mengerti tentang lore dari gim ini.

Berlatar di dunia post-apocalyptic di mana kebanyakan lautan sudah berubah menjadi padang pasir, hari-hari akan dilewati sebagai perjuangan untuk bertahan hidup.

Max yang berpetualang seorang diri tak menduga bahwa dia akan dicegat rombongan Scrotus, anak dari Immortan Joe yang mengambil mobil dan mesin V8 miliknya. Bertarung dengan sengit, Max berhasil melukai kepala Scrotus. Namun naas, mobilnya juga menghilang bersama Scrotus yang melarikan diri.

Di tengah keadaan hampir mati ini, Max bertemu dengan Chumbucket yang menawarkan mobilnya. Mobil yang bernama magnum opus, untuk membantu max menjalani misi dalam merebut kembali mesin V8-nya yang menurut Chumbucket berada di sebuah kota bernama Gastown. Berbekal bakat montir luarbiasa milik Chumbucket, Max pun berniat menuntut balas bersama mobil barunya, Magnum Opus.

Pertemuan Max dengan Mekanik serba bisa Chumbucket-lah yang merubah takdir Max
Apa saja aral yang harus dihadapi Max dalam menempuh misi ini? Anda harus memainkan Mad Max ini untuk mengetahui ceritanya.

GRAFIS MAD MAX

Kualitas grafis yang ditawarkan Mad Max sangat sulit untuk ditolak. Siapa yang menyangka, di tengah padang pasir yang tanpa sedikitpun birunya air dan hijaunya pepohonan ini, tersemat sebuah kecantikan? Kualitas atmosfer padang pasir dengan bangkai kapal laut, bangunan dan kapal terbang dalam dunia post apocalyptic ini tidak bisa diremehkan. Anda dapat merasakan betapa keras dan kejamnya dunia tempat Max hidup.

Atmosfer dunia post-apocalyptic yang ditawarkan Mad Max benar-benar tidak main-main. Anda seringkali akan menemui pemandangan seperti ini.
Di luar itu,padang pasir ini menawarkan ketenangan untuk sekedar beristirahat memandang bintang di malam hari.
Mulai dari desain dunia, desain kendaraan hingga atmosfer meyakinkan anda bahwa sekarang Max hidup di dunia yang tidak ramah, kejam dan mematikan disaat yang sama. Dramatisasi dari sisi tata cahaya menjadi sangat manis dipandang ditengah tengah lautan pasir ini. Terlebih di saat terjadinya badai atau tenangnya malam dan dahsyatnya sebuah ledakan.

GAMEPLAY MAD MAX

Urusan gameplay, Mad Max menggunakan sistem eksplorasi sandbox. Dunianya dibagi menjadi beberapa region dan akan terbuka sesuai progress cerita.

Wasteland terbagi menjadi beberapa region yang tiap daerahnya terdapat penguasa yang bisa anda bantu untuk menggulingkan rantai pemerintahan Scrotus

Tiap region memiliki satu penguasanya sendiri. Jika Max ingin melakukan semuanya menjadi lebih aman, ia harus membantu menyingkirkan pengaruh Scrotus di region tersebut. Sehingga sang penguasa wilayah akan membantu Max. Bantuan tersebut bisa berupa sekedar membersihkan area bekas pertarungan Max dengan cara memanen Scraps –mata uang di gim ini- atau bahkan memastikan semua keperluan Max terpenuhi. Keperluan tersebut meliputi penyediaan peluru, makanan, air dan bahan bakar untuk mobil Max. Selain itu mereka juga memberikan tempat perlindungan yang bergerak sebagai titik Max untuk melakukan fast travel.

Percayalah, membantu para penguasa wilayah ini akan sangat mempermudah perjalanan Max.

Untuk masalah action, Mad Max mengadaptasi pendekatan yang dilakukan WB terhadap Batman Arkham series. Di mana pertarungan tangan kosong dengan sistem hit dan counter menjadi senjata utama. Dilengkapi dengan beragam penggunaan gadget milik Max tentunya.

Sistem pertarungan yang mengadaptasi Batman Arkham Series dengan hit-counter dan juga penggunaan tool dan skill
Pertarungan dengan boss sedikit perlu usaha lebih, di mana anda harus mengetahui kelemahan dan bagaimana boss tersebut dikalahkan
Kadang sesi jalan-jalan anda akan berubah tiba-tiba menjadi sesi bertahan hidup yang intens ketika bertemu sekelompok manusia seperti contohnya sekte penyembah api ini.

Sistem hit-counter ini memaksa anda untuk terus tanggap terhadap ikon yang muncul dikepala musuh sesaat sebelum mereka menyerang. Hal ini akan memberikan waktu pada Max untuk melakukan counter. Bahkan, dengan skill yang dibuka seiring berjalannya cerita, Max akan mampu melancarkan serangan lain. Hal ini untuk memastikan tiap tombol yang anda eksekusi berakhir dengan patahnya tulang-tulang di tubuh musuh anda.

Berbeda dengan pertarungan melawan musuh biasa, pertarungan boss memerlukan sedikit pendekatan khusus. Anda akan diminta mencari kelemahan sang boss terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menyerang. Karena penyerangan tanpa strategi akan berakhir dengan layar game over dalam waktu singkat.

Sistem open world-nya juga membuat anda yang sedang asik melakukan eksplorasi menemukan event tertentu. Anda bisa saja tiba-tiba bertemu dengan sekumpulan warga yang putus asa, ataupun sekumpulan sekte yang sedang melakukan pemujaan. Pertemuan ini tentunya berakhir dengan pertarungan untuk mempertaruhkan hidup dan mati.

MAGNUM OPUS

Apakah itu saja? Tentu saja tidak. Apa yang menarik dari Mad Max sebenarnya bukanlah pertarungan barbar dengan tangan kosongnya saja. Namun pertarungan mobil anda, Magnum Opus, dengan apapun yang mengejar anda di luar sana.

Di tangan anda dan bakat mekanik luarbiasa dari seorang Chumbucket, anda akan mampu melakukan modifikasi pada Magnum Opus. Mulai dari sekedar mengganti body mobil, sampai memberikan asesoris seperti penembak roket, penyembur api, maupun upgrade senjata harpoon yang mematikan.

Hubungan dengan sang mobil juga dapat dipererat dengan perawatan secara berkala pada mobil kesayangan anda ini. Mulai sekedar mengisi bahan bakar hingga memperbaiki kerusakan karena pertarungan.

Fitur memperkuat Magnum Opus ini sangat imersif. Kita harus memastikan mobil ini menjadi sebuah mesin pembunuh dan raja jalanan yang ideal untuk bertahan di wasteland yang kejam
Tidak hanya sebagai kosmetik, penggunaan peralatan yang tepat akan memastikan Magnum Opus bak sebuah mesin yang jadi nyawa kedua anda.
Dari sekedar memasang suspensi, ban, armor dan duri pelindung. Kustomisasi Magnum Opus sangat luas,anda bahkan bisa menambah penyembur api seperti ini
Sebagai nyawa kedua dari Max, Magnum opus harus dirawat. Misalnya saja melakukan perbaikan pasca bertarung hingga sekedar mengisi bahan bakarnya
Selain itu, jika anda bertarung dengan mobil lain dan sukses menang tanpa menghancurkan mobil tersebut, anda berkesempatan untuk menambah “koleksi” mobil anda di garasi. Garasi tersebut dapat diakses dari markas penguasa daerah terdekat. Setiap mobil ini mempunyai kemampuan tersendiri yang akan membantu anda melewati sulitnya Wasteland.
Selain sebagai achievement, mengoleksi mobil juga memberi keuntungan terhadap perjalanan Max. Karena setiap mobil punya kelebihan masing masing.

OPSI UPGRADE PADA MAX

Selain memerhatikan kesehatan Magnum Opus, kita juga harus mempehatikan Max, sang tokoh utama. Anda bisa mengumpulkan scrap yang tersebar di Wasteland, mengalahkan musuh maupun menggunakan koneksi anda dengan penguasa wilayah untuk mengumpulkannya. Selain itu, ada cara lain untuk mengumpulkan scrap dengan cepat, yakni mencuri mobil penampung scrap yang tersebar di markas musuh. Juga, memanen scrap yang akan tersedia secara masif saat badai pasir menyerang.

Badai pasir adalah kondisi cuaca ekstrim yang mengharuskan Max untuk mencari tempat perlindungan saat dia mendekat. Jika tidak? Berjalan dibawah badai hampir sama dengan bunuh diri. Hampir mustahil meminta Chumbucket memperbaiki Magnum Opus saat terjadi kerusakan ditengah badai. Namun, badai ini juga datang dengan scrap dalam jumlah masif. Semua tinggal anda yang mengambil keputusan.

Nah, kembali ke pembahasan scrap. Walau pada awalnya sangat sulit didapat, namun ketika anda berhasil membantu satu region saja, anda akan dapat kemudahan. Scrap ini nantinya akan dapat anda gunakan selain untuk mengupgrade Magnum Opus. Scrap juga dapat digunakan untuk persenjataan Max, hingga membeli skill yang berguna dalam pertempuran.

Seiring Legend Rank Max meningkat, Max akan mampu membuka upgrade tambahan yang memastikan Max mampu bertahan dalam setiap pertarungan, tentunya dengan harga sejumlah scraps
Selain scrap, Max juga akan mampu mengakses fitur bernama Legend. Anda dapat mengaksesnya dengan cara melakukan berbagai challenge yang tersedia. Nantinya challenge ini akan memberikan hadiah berupa “Griffa token” yang dapat anda tukarkan ke karakter bernama Griffa. Karakter tersebut muncul untuk memberi buff permanen, seperti menambah jumlah air yang dapat dipanen, menambah hit point Max, hingga membuat durabilitas dan efektifitas senjata yang digunakan agar lebih mumpuni.
Dengan menemui Griffa yang akan muncul setiap anda memiliki Griffa Tokens. Anda bisa membuka buff permanen untuk Max, misalnya memastikan max bisa memanen lebih banyak air.

PHOTO MODE

Mad Max adalah salah satu gim yang cukup awal memperkenalkan photo mode. Fitur ini tentunya memang sudah umum di gim jaman sekarang. Dimana, jiwa kreatif kita bekerja layaknya fotografer professional. Kita diberi kebebasan mutlak mengatur momen yang kita alami. Mulai sekedar menikmati pemandangan Wasteland, momen pertarungan, ledakan, menjelajah badai hingga atraksi ekstrim yang anda lakukan. Anda diberi kebebasan mutlak mengatur sudut kamera, pewarnaan, pencahayaan, filter dan frame, hingga efek dramatis seperti blur dan vignette. Menariknya, tidak hanya dalam photo mode, anda juga dapat mengabadikan momen ini dalam rekaman video.

Photo mode hadir dengan sangat imersif,anda bisa membuat berbagai efek dramatis seperti ini menggunakan kreatifitas anda layaknya fotografer
Menggunakan cahaya matahari sebagai pencahayaan tentu dapat menghasilkan efek dramatis
Anda bahkan bisa menangkap momen diantara ledakan dalam pertempuran seperti ini.
Atau ledakan epik ala film Michael Bay ketika bertarung dengan mobil? Bisa.
Tidak hanya sudut kamera dan pencahayaan,anda juga bisa mengatur filter dan frame untuk foto yang lebih bergaya
Photo mode dalam Mad Max adalah fitur yang rasanya tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Anda akan merasa harus mengambil foto di setiap momen yang anda alami di gim ini.

KELEBIHAN & KEKURANGAN

Dengan kualitas gameplay yang ditawarkan, pertarungan mobil yang imersif, serta photo mode yang patut diacungi jempol, tentu saja Mad Max hadir dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri sebagai sebuah gim open world.

Beberapa hal yang kami anggap sebagai kelebihan, antara lain:

  • Atmosfer dunia yang dibangun Avalanche Games begitu menyeret kita kedalam rasa post-apocalyptic yang kental Penuh dengan gurun yang tandus dan rasa putus asa akan perjuangan bertahan hidup. kita seakan berada di ujung tanduk rasa kemanusiaan untuk mempertahankan kewarasan kita di dunia yang kejam ini. Sistem perubahan cuaca random yang mana tiba-tiba saja menghadirkan badai pasir dan memaksa kita berlindung juga patut diacungi jempol.
  • Dari gameplay sendiri, walau mengadaptasi gaya bermain Arkham series secara kentara, kita juga dihadirkan pertarungan mobil yang intens yang diakui sulit ditemukan di gim lain. Di mana selain harus menjaga nyawa Max sendiri, anda juga memastikan sang mobil, Magnum Opus tetap berfungsi dengan baik.
  • Selain itu implementasi RPG ringan yang disematkan dengan fitur upgrade Max dan Magnum Opus juga dapat diapresiasi, terdapat usaha grinding ringan disana.
  • Kehadiran Photo mode di tahun 2015 juga terhitung cukup langka dan Mad Max mengaplikasikannya dengan baik.

Beberapa kekurangan gim ini dimata kami Antara lain:

  • Kurangnya inovasi pertarungan tangan kosong. Sistem ini dirasa benar-benar menduplikasi sistem bertarung Arkham series.
  • Collectibles yang kita kumpulkan selain scrap, keperluan basecamp dan part mobil dirasa kurang mempengaruhi gameplay secara keseluruhan. Misalnya saja, mencari historical relic yang merupakan gambaran dunia sebelum kiamat.
  • Varian musuh yang sangat monoton. Bagian ini rasanya tidak dapat kami pungkiri lagi, varian musuh di Mad Max sangat minim. Anda ditawarkan 3 faksi musuh namun dengan tipe yang serupa. Kebanyakan musuh dibagi secara umum seperti : Musuh bertubuh kecil & cepat, Musuh normal, Musuh semi normal, dimana perlu sedikit usaha untuk ditundukkan, Musuh tipe berat yang biasanya menggunakan shield dan Musuh bertipe bunuh diri ketika menyerang.
  • Anda juga ditawarkan desain boss yakni Top Dog di tiap region yang punya desain sama persis. Perbedaan mereka hanyalah desain cat wajah dan cara menundukkannya.
  • Selain itu,k ebanyakan NPC yang kita temui di jalan juga mendapat desain yang cenderung tidak menarik sama sekali. Selain desain penguasa wilayah, sisa NPC bahkan akan sulit anda bedakan.
Desain NPC yang cenderung terlupakan dan monoton, membuat pertemuan kita dengan NPC ini terasa hambar.
  • Minimnya rasa replayable setelah tamat. Setelah kami menyelesaikan gim ini dengan persentase cukup tinggi, kami kesulitan mencari hal menarik setelah berhasil menamatkan gim ini.
  • Dunia Open World yang walaupun cantik dan indah namun terasa kosong dan repetitive untuk dijelajahi. Anda akan disuguhi kegiatan yang sama persis yang harus diulang di tiap region.

Diluar itu semua, Mad Max adalah  gim yang patut diperhitungkan dan cukup bisa menyita waktu anda untuk melakukan eksplorasi didalamnya.

Diluar itu semua Mad Max merupakan sebuah gim yang patut diacungi jempol. Dengan atmosfer luarbiasa imersif yang ditawarkan,sulit menolak untuk menghabiskan waku kita di wasteland yang indah ini.
KESIMPULAN
Dengan kualitas gameplay yang ditawarkan, pertarungan mobil yang imersif, serta photo mode yang patut diacungi jempol, tentu saja Mad Max hadir dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri sebagai sebuah gim open world.
PLOT
7
GRAFIS
8
GAMEPLAY
7.5
KELEBIHAN
Atmosfir dunia post-apocalyptic yang menarik
Kehadiran fitur upgrade pada Max dan Magnum opus
Adanya Photo Mode
KEKURANGAN
Mekanik pertarungan terasa menduplikasi Arkham Series
Collectible item yang tidak mempengaruhi gameplay
Varian musuh, boss dan NPC yang monoton
Ada beberapa hal yang terasa repetitive selama permainan
7.5
FINAL SCORE
More Stories
Halo Infinite mengalami penundaan rilis ke 2021