(RUMOR) Foto Nvidia RTX 3090 beredar, ukuran super besar

Meski banyak yang meragukan keasliannya

Nvidia akan mengadakan sebuah event khusus di awal September nanti. Hal tersebut terlihat dengan hitungan mundur Ultimate Countdown yang dipublikasikan Nvidia. Dalam event tersebut, kemungkinan besar Nvidia memperkenalkan teknologi terbaru mereka. Salah satu yang  dirumorkan akan hadir adalah Nvidia Ampere untuk consumer, RTX 30 series.

Bocoran-bocoran terkait bentuk dan desain dari RTX 30 seris ini sudah beredar sejak beberapa bulan yang lalu. Rumor lain, kehadiran RTX 3090 yang akan menggantikan RTX 2080 sebagai graphic card flagship. Sayangnya, foto bocoran terdahulu adalah sebuah RTX 3080. Hingga banyak yang bertanya-tanya seperti apa RTX 3090 nantinya.

Akhirnya, sebuah bocoran foto terkait RTX 3090 beredar. Dibagikan oleh pengguna twitter dengan user GarnetSunset. Foto tersebut benar-benar membuat gempar. Bagaimana tidak, ukuran dari graphic card tersebut terlihat sangat besar jika dibandingkan dengan RTX 2080. Padahal, keduanya masih berupa reference card —jika desain RTX 30 series tidak mengalami perubahan-.

Dalam foto, ukuran RTX 3090 akan memakan 3 ruang sebanyak 3 slot. Hal ini dapat dilihat dari braket I/O yang memiliki 3 jari. Dengan ukuran heatsink super besar, banyak yang berpendapat bahwa GPU Ampere ini haus akan power. Karena secara umum, GPU yang memiliki power besar akan menghasilkan panas yang tinggi. Sehingga diperlukan solusi pendingin yang jauh lebih kuat untuk mengatasi panasnya. Sayangnya, beberapa pengguna twitter masih meragukan keaslian foto tersebut. Mereka mempertanyakan skala slot PCIe yang berbeda dari kedua foto.

Kita nantikan saja bagaimana perkembangannya. Semoga dalam event nanti Nvidia benar-benar mengumumkan graphic card terbaru ini.

More Stories
Protes mengalir untuk Blizzard terkait pencoretan Blitzchung