halaman website khusus storage expansion Xbox Series X

Seagate siapkan halaman website khusus storage expansion Xbox Series X

Storage eksternal khusus Xbox One Series X

Salah satu peningkatan paling besar pada konsol next-gen adalah penggunaan SSD. Baik Sony ataupun Microsoft akhirnya memilih untuk menggunakannya. Kecepatan yang meningkat berkali-kali lipat dibanding HDD tentu memberikan kelebihan tersendiri. Developer game dapat memberikan hal-hal baru yang tidak dapat digunakan pada konsol seri terdahulu. Penggunaan asset skala besar dalam game tidak lagi dibatasi lambatnya kecepatan transfer data.

Microsoft melalui Xbox Series X juga memberi perhatian khusus perihal penggunaan SSD ini. Secara internal, kapasitas SSD yang mereka gunakan sebesar 1TB, jauh lebih besar di banding pesaingnya. Mereka juga coba menghadirkan solusi storage tambahan untuk konsol mereka. Ukuran game yang semakin besar dari waktu ke waktu membuat add-on storage jadi salah satu keperluan dasar.

Menggandeng Seagate, Microsoft membuat external SSD khusus untuk Xbox Series X. SSD yang memang hanya diperuntukkan untuk konsol next-gen mereka dengan spesifikasi serupa dengan SSD internal. Ukuran yang dihadirkan pun juga 1 Tb, bisa saja nanti akan ada pilihan kapasitas lainnya.

(Image credit: Xbox)

Berbeda dengan storage expansion pada Xbox One, SSD external ini menggunakan slot khusus. Tidak lagi menggunakan external storage dengan konektor USB 3.0. Itu artinya, external storage yang dulu dilepas untuk Xbox One tidak akan bisa digunakan pada konsol generasi terbaru.

Baru- baru ini Seagate secara resmi sudah membuat halaman khusus terkait SSD expansion ini. Melalui halaman tersebut, ada sebuah informasi menarik terkait waktu perilisannya. Sepertinya SSD ini akan rilis bersamaan dengan dengan Xbox Series X itu sendiri.

Mereka juga memberikan beberapa informasi lain. Seperti spesifikasi SSD ini yang menggunakan PCIe Gen4x2. Garansi yang didapat pembeli selama 3 tahun. Serta, dukungan penuh terhadap Xbox Velocity Architecture. Hal ini tentu untuk menjaga performanya agar tetap sama dengan storage yang ada.

More Stories
Tekken 7 dikonfirmasi dapatkan update season 4