Xbox meminta para developer third-party untuk gratiskan upgrade ke next-gen

Agar tidak memberatkan pemain yang beralih ke next-gen

Konsol next-gen milik Xbox, Xbox Series X, akan segera hadir jelang akhir tahun mendatang. Dengan kehadiran yang bisa dibilang sudah dekat, Xbox memiliki permintaan terhadap para developer third-party. Permintaan tersebut adalah pemberian secara gratis untuk upgrade ke versi next-gen mereka.

Beberapa game memang masih memiliki jadwal rilis pada konsol current-gen. Beberapa game juga memastikan akan tersedia dalam versi next-gen. Hal ini tentunya akan memberatkan jika harus membuat pemain membeli lagi game tersebut jika mereka memutuskan untuk membeli konsol next-gen.

Untuk itu, Xbox meminta agar developer memberikan upgrade secara gratis. Hal ini juga menjadi bagian dari Smart Delivery program dari Xbox. Program yang membuat para pengguna Xbox agar dapat menikmati sebuah judul game di beberapa konsol mereka. Permintaan ini bisa dikatakan memiliki kesamaan dengan aturan yang diterapkan Sony terkait game yang dirilis untuk PS4. Untuk diketahui, Sony mewajibkan setiap game PS4 yang dirilis sejak setelah 13 juli harus memiliki kompatibiltas dengan PS5.

Untuk game-game yang dikembangkan oleh studio internal kemungkinan besar akan menjalankan skema tersebut. Namun untuk pihak third-party, hal tersebut masih belum bisa dipastikan. Karena proses pengembangan pada current-gen dan next-gen tentunya memiliki sedikit perbedaan dalam hal resource.

Beberapa game sudah memastikan akan memberi upgrade gratis. Game tersebut antara lain Assassins Creed Valhalla, Cyberpunk 2077, FIFA21, Mervel’s Avengers dan beberapa game lain. Saat ini Microsoft belum membuat hal tersebut sebagai sebuah kewajiban. Keputusan tersebut masih berada di tangan pihak developer third-party.

 

More Stories
Blizzard akhirnya buka suara terkait pencoretan Blitzchung